Desa Sembungan

bukit sikunir (pinjeman gambar sebelah)

bukit sikunir (pinjem gambar sebelah)

Desa Sembungan adalah desa tertinggi di pulau Jawa. Berada pada ketinggian 2.306 mdpl. Menurut sejarah, konon katanya nama ‘Sembungan’ itu sendiri diberikan oleh salah seorang ulama yang bernama Mbah Adamsari. Mbah Adamsari adalah nama lain dari Jaka Sembung yang merupakan putra dari Empu Supo, saudara kandung Sunan Kalijaga.

Terlepas dari sejarahnya, Sembungan menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona. Diantaranya adalah golden sunrise di bukit sikunir, juga telaga cebong yang eksotis.

Golden sunrise di bukit Sikunir disebut-sebut sebagai sunrise terindah yang sangat terkenal. Bahkan ketenarannya terdengar hingga ke manca negara. Tak heran jika banyak turis asing yang datang ke tempat ini untuk ikut serta menikmati keindahannya. Dari atas bukit Sikunir kita dapat menyaksikan keelokan tujuh puncak gunung sekaligus, yaitu Sindoro, Merbabu, Merapi, Ungaran, Telomoyo, Pakuwaja dan Deret. Ditambah lagi awan yang menyelimuti di sekelilingnya saat matahari belum muncul terlalu tinggi seakan membawa kita mencicipi sensasi negeri di atas awan. Tentunya dengan suhu udara yang tak kalah dingin hingga menusuk hingga ke tulang-belulang.

Selain golden sunrise Sikunir, desa Sembungan juga memiliki kawasan wisata lain yaitu Telaga Cebong. Disebut demikian karena bentuk telaga ini mirip dengan seekor cebong atau anak katak. Letaknya berada di ketinggian 2.142 mdpl dengan luas 11 ha. Keberadaannya yang dikelilingi oleh pegunungan, perbukitan serta ladang pertanian yang hijau membentang semakin menyempurnakan keindahannya. Selain itu, di telaga cebong juga menawarkan atraksi wisata yang tak kalah menarik, yaitu naik perahu. Bukan sembarang naik perahu tentunya yang membuat atraksi ini banyak diminati oleh para wisatawan, namun sensai naik perahu ‘di atas puncak’ inilah yang menjadi daya tarik utama bagi siapapun yang ingin mencoba.
Untuk menuju ke desa sembungan ini, jalur yang paling mudah adalah melewati Dieng Plateau yag hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar tiga puluh menit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s